Kritik Saran 081 393 727 978

Selamat datang di Perpustakaan Universitas Setia Budi

Selamat datang di perpustakaan universitas setia budi surakarta

 

Sejarah Perpustakaan

UPT Perpustakaan Universitas Setia Budi Surakarta berdiri sejak didirikannya Akademi Analis Kesehatan Surakarta pada tahun 1983 dengan SK Menteri Kesehatan RI Nomor: 112/KEP/DIKLAT/KES/83 pada tanggal 21 Juli 1983. Sejalan dengan perkembangan sehingga beberapa kali mengalami pergantian nama, yang pada akhirnya pada tanggal 11 November 1997 berubah menjadi Universitas Setia Budi Surakarta.

UPT Perpustakaan Universitas Setia Budi saat itu belum memiliki gedung sendiri melainkan masih menjadi satu dengan gedung pusat. Perpustakaan pusat beberapa kali melakukan pemindahan ruangan. Pada akhirnya perpustakaan mempunyai ruangan gedung sendiri dengan menempati lahan parkir yang dibangun sebuah bangunan untuk perpustakaan.

Pada saat itu koleksi bahan pustaka perpustakaan masih sedikit dan menggunakan sistem layanan tertutup (close access). Seiring bertambahnya koleksi perpustakaan dan meningkatnya jumlah mahasiswa maka UPT Perpustakaan Universitas Setia Budi pada tahun 2002 mulai menggunakan sistem pelayanan terbuka (open access) dimana pengguna perpustakaan diperbolehkan memilih dan mengambil koleksi perpustakaan secara mandiri.

UPT Perpustakaan Universitas Setia Budi mulai melakukan penerapan dari sistem pengolahan manual beralih ke sistem terotomasi. Pemanfaatan Teknologi Informasi bermula pada tahun 2004 yang menggunakan perangkat komputer serta software CDS/ISIS untuk pengolahan dan pelayanan perpustakaan dalam menunjang sistem otomasi perpustakaan. Kemudian pada tahun 2007 UPT Perpustakaan Universitas Setia Budi menjalin kerjasama dengan Puskom Universitas Sebelas Maret sehingga beralih menggunakan software yang dinamakan USBLib yang dipakai sampai tahun 2018. Mulai tahun 2018 perpustakaan beralih system otomasi, yaitu Digilib USB yang disupport system slims perpustakaan.

Visi Misi

UPT Perpustakaan Universitas Setia Budi mempunyai visi, misi dan tujuan sebagai berikut:

1. Visi

Menjadi penyedia bahan pustaka dan pusat pengelola informasi karya ilmiah dengan berbasis teknologi informasi guna mendukung pelaksanaan proses Tridarma Perguruan Tinggi di Universitas Setia Budi.

2. Misi

  1. Memberikan pelayanan yang optimal bagi seluruh pengguna perpustakaan, baik dari sisi koleksi bahan pustaka, fasilitas fisik, maupun system informasinya.
  2. Menyediakan, mengelola serta mengembangkan koleksi bahan pustaka serta informasi ilmiah bagi civitas akademika Universitas Setia Budi Surakarta serta masyarakat umum sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Menyelenggarakan proses pengelolaan dan perawatan bahan pustaka serta sumber informasi lainnya, sehingga tetap dalam kondisi yang baik dan siap dipakai dalam waktu relatif lama.
  4. Membangun dan menjaga realibilitas sistem jaringan informasi baik internal perpustakaan, antara perpustakaan pusat dan perpustakaan fakultas, antar perpustakaan perguruan tinggi maupun lembaga luar lainnya.
  5. Membina dan mengembangkan kerjasama serta kemitraan dengan lembaga yang dapat memberikan nilai tambah dalam menyediakan informasi dan kualitas pelayanan.
  6. Meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan kualitas sumber daya manusia perpustakaan agar dapat bekerja secara profesional.

3. Tujuan

  1. Terwujudnya perpustakaan yang mampu menjadi pendukung utama proses pembelajaran pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat bagi seluruh penggunanya
  2. Terwujudnya perpustakaan yang mampu memenuhi kebutuhan bahan pustaka dan informasi ilmiah penggunanya dengan didukung oleh system informasi yang reliable.
  3. Terwujudnya perpustakaan sebagai tempat/ pusat belajar yang nyaman dan ergonomis bagi penggunanya.
  4. Terwujudnya perpustakaan yang memiliki jejaring kerjasama dengan institusi lain sehingga dapat menambah kualitas informasi dan pelayanan.

Tata Tertib

  1. Pengunjung wajib berpakaian rapi, bersepatu, dan memiliki kartu identitas
  2. Pengunjung tidak diperkenankan membawa tas, jaket, jas lab, case laptop, buku diktat pribadi, makanan dan minuman ke dalam ruangan perpustakaan. Barang-barang tersebut dapat dititipkan ke dalam loker yang telah disediakan
  3. Wajib melakukan presensi dengan cara menginputkan NIM atau NIS (karyawan/dosen) di komputer presensi
  4. Pengunjung dapat menitipkan barang bawaan pada loker penitipan barang. Kunci loker dapat diambil dengan menukarkan KTM (mahasiswa) / Kartu Identitas / Kartu Baca (bagi pengunjung luar) ke petugas penjaga.
  5. Bagi Pengunjung dari Luar Universitas Setia Budi
    • Mampu menunjukkan kartu identitas (Kartu Mahasiswa/KTP) yang masih berlaku
    • Mengisi formulir pendaftaran kunjungan
    • Membayar biaya administrasi untuk pembuatan Kartu Baca sebesar Rp. 7500,- (satu kali kunjungan) atau Rp. 15000,- (berlaku selama 6 bulan)
    • Tidak diperkenankan meminjam/membawa keluar ruangan koleksi Perpustakaan USB
    • Fotocopy buku harus dilakukan melalui petugas perpustakaan
  1. Kuota peminjaman dan lama peminjaman:
    • Bagi mahasiswa: maksimal 3 judul buku selama 1 minggu, perpanjang 1 kali
    • Bagi dosen dan karyawan: maksimal 5 judul buku selama 1 bulan
  2. Peminjam wajib memeriksa terlebih dahulu buku yang akan dipinjam serta menjaga kebersihan, kerapian dan keutuhan buku
  3. Koleksi buku:
    • Koleksi buku yang berada di “Ruang Sebelah Barat” diperkenankan untuk dipinjam
    • Koleksi buku yang berada di “Ruang Sebelah Timur” tidak diperkenankan untuk dipinjam keluar ruangan, seperti buku dengan label “R”, “CR”, tesis, skripsi, KTI, TA, PKPA, KKL/PKL, jurnal, majalah dan surat kabar
  1. Ketentuan fotokopi:
    • Membawa buku yang akan difotokopi ke petugas bagian sirkulasi
    • Memberikan jaminan KTM atau kartu identitas
    • Buku difotokopi sendiri oleh mahasiswa dan di kembalikan ke meja pengembalian setelah Mengambil kartu jaminan
    • Koleksi yang tidak diperkenankan untuk difotokopi yaitu jenis koleksi Karya Ilmiah, meliputi; tesis, skripsi, TA, KTI, PKPA, KKL/PKL.
  2. Perpanjangan peminjaman bisa dilakukan hanya 1x sebelum jatuh tempo, dengan cara melapor langsung ke petugas atau via sms ke 081393727978 (format: perpanjangan_NIM/NIS peminjam_no barcode/judul buku yang dipinjam)
  3. Denda keterlambatan pengembalian melebihi waktu jatuh tempo sebesar Rp. 500,- per hari
  4. Peringatan denda keterlambatan jatuh tempo/due diumumkan setiap awal bulan di papan pengumuman perpustakaan
  5. Peminjam wajib mengganti buku yang dipinjam (dalam jangka waktu maksimal 10 hari) jika: buku hilang, atau dikembalikan dalam keadaan kotor, rusak, kumuh dan dicorat-coret

Pengunjung

11401056
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Last Week
Bulan Ini
Last Month
All days
15047
15372
95767
10843032
46769
499071
11401056

Your IP: 34.207.247.69
Server Time: 2021-12-03 21:39:20

Jurnal Elektronik

Socmed Perpus USB

WebLink

Gigapedia.com

4shared.com

elsevier.com

sciencedirect.com

pdfdatabase.com